Jumat, 17 Juli 2009

MUSLIMAH dan KEWAJIBANNYA TERHADAP TETANGGA

Di antara akhlak wanita Muslimah yang benar-benar sadar berada di bawah bimbingan Agama senantiasa berpegang teguh pada tali Agama yaitu selalu berbuat baik dan memberikan perhatian kepada tetangganya.

Di dalam Surah An-Nisa:36
"Sembahlah Allah dan janganlah kalian mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat, tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya kalian..."
Yang dimaksud tetangga dekat di sini adalah tetangga ynag masih ada hubungan nasab (darah) atau ikatan agama, sedangkan tetangga jauh adalah tetangga yang tidak memiliki hubungan darah.

Wanita muslimah juga hendaknya mencintai tetangganya seperti dirinya sendiri. Sebagaimana Hadits Rasulullah SAW, "Tidaklah salah seorang diantara kalian beriman sehingga dia tidak mencintai saudaranya seperti dirinya sendiri"
Dari Anas yang diriwayatkan Muslim, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, seseungguhnya tidaklah seorang hamba beriman sehingga dia mencintai tetangganya seperti dirinya sendiri"

Oleh karena itu, wanita muslimah hendaknya sadar untuk senantiasa membantu tetangga yang hidup kesulitan karena Islam telah melembutkan perasaan mereka untuk tidak pernah tega membiarkan tetangganya mengalaminya.

0 komentar:

Posting Komentar